Senin, 11 Mei 2009

Indosat M2 (Indosat Memang Memble…) tapi nggak Kece

Persaingan dunia bisnis provider internet di Indonesia kelihatannya semakin marak. Jumlah konsumen yang besar tentu sangat menggiurkan bagi para pemilik capital di dunia provider. Salah satu yang gencar adalah Indosat yang meluncurkan berbagai tawaran menarik soal layanan akses mobile internet. Kebetulan, Desember 2008 saya mulai berlangganan dengan memakai layanan IM2 paket Eco Unlimited. Dua bulan pertama, koneksi ok-ok aja.
Tapi …..per Februari 2009, masalah mulai muncul. Seiring iklan dan promosi yang gencar dilakukan Indosat untuk mengeruk uang dari pelanggan IM2, kapasitas band-with IM2 mulai over kapasitas. IM2 tentu saja, sebagai pemilik modal besar dengan seenaknya tetap menagih tagihan kepada para konsumen. Termasuk saya tentunya. Alhasil, kita para pelanggan hanya gigit jari karena gak pernah berhasil koneksi, tapi harus tetap membayar tagihan.
Akhirnya, setelah 2 bulan sabar menunggu, berkhusnuzan bahwa jaringan akan ok lagi, kesabaran saya sebagai seorang manusia biasa habis. Pagi-pagi sesampainya di kantor, to do list yang harus saya lakukan pertama adalah call 300 1500 yang tak lain adalah nomor customer service IM2.
Nada tunggu telepon berbunyi beberapa kali, sebelum akhirnya seorang petugas CS IM2 mengangkatnya dengan salam khas yang sudah menjadi SOP mereka. Saya pun langsung mengutarakan keinginan untuk berhenti langganan. “Mohon maaf Bapak, kalau boleh tahu kenapa alasan mau berhenti ?” tanya si petugas CS.
Dengan nada ketus saya menjawab. “Gimana nggak berhenti, tiap bulan ditagih, tapi layanan gak pernah bisa dipakai!”
Si petugas bertanya lagi “Mohon maaf Pak, kalau networknya agak lambat,” katanya. Tapi belum sempat dia ambil napas, saya langsung jawab ulang. “Boro-boro lambat, mau koneksi aja nggak pernah bisa,” tukasku. Ehhh….nggak mau kalah, si petugas CS jawab lagi “Mungkin lokasinya Pak, yang memang belum…” belum sempat dia selesai ngomong langsung aku timpali lagi. “Heh Mas…saya itu pakai di Dago Bandung gak bisa, di Sarinah Thamrin gak bisa, di Margonda Depok nggak bisa, di Denpasar di Hradrock Hotel nggak bisa…udahlah..saya mau berhenti langganan, gimana caranya gak usah sok promosi lagi,” kataku.
“Mohon maaf Pak, kalau begitu Bapak bisa datang ke galeri indosat,” jawabnya. “Ada cara lain nggak, saya nggak ada waktu ke tempatnya indosat. Udah nagih seenaknya, layanan gak mutu, kita mau berhenti masih disuruh repot juga,” jawabku. Akhirnya si petugas CS memberikan alamat fax untuk pengiriman formulir berhenti berlangganan, termasuk e-mail. Dalam hati, saya berujar, kasihan juga si petugas CS yang jadi korban amukan pelanggan gara-gara manajemen perusahaan yang nggak becus. Anyway…itulah resiko sebuah pekerjaan.
Keesokan harinya, saya langsung melunasi tagihan 2 bulan yang sebenarnya sudah nggak pernah dipakai – (karena emang gak bisa koneksi). Setelah semua berkas yang diminta selesai, berkas langsung dikirm by-fax. Masih belum puas, via e-mail kembali saya tegaskan bahwa saya berhenti berlangganan per Juni.
Akhirnya….aku bisa bernapas lega. Sebelum ada niat untuk mengecek apakah berkas yang dikirim tadi sudah diterima oleh petugas CS mereka. Nomor 3000 1500 kembali kupencet. Kali ini, suara petugas CS cewek menerima teleponku. Setelah dicek, seluruh berkas sudah diterima oleh mereka. Saya pun menegaskan, agar nanti bulan Juni jangan sampai saya masih ditagih lagi.
Eh…ternyata oh ternyata, si petugas menjawab. Tapi untuk bulan Juni nanti masih ada tagihan 1 bulan lagi Pak, karena itu prosedurnya. Tanpa mau ba..bi..bu…saya langsung menutup telepon. Malas mendengarkan penjelasan petugas CS – yang saya tahu memang nggak memiliki wewenang untuk apapun. Alhasil, sebagai konsumen yang sudah dirugikan selama 3 bulan terakhir, saya masih harus dibebani tagihan untuk Bulan Mei 2009 nanti yang sebenarnya sampai detik ini pun tidak pernah bisa digunakan.
Ternyata…secemen inilah layanan Indosat yang katanya berkelas.. Jadi mikir-mikir, terus inget lagi Memble tapi Kece-nya grup band baru yang lagi naik daun. Eh…IM2 bisa jadi kepanjangan Indosat Memang Memble nih…tapi tetep aja nggak kece….

Tidak ada komentar: